7 Tips Mengerjakan Skripsi Agar Cepat Selesai

Semua mahasiswa pasti menginginkan untuk bisa lulus tepat waktu. Hanya saja, untuk bisa lulus dari perkuliahan, mahasiswa setidaknya harus menyelesaikan sebuah tugas akhir yang dijuluki dengan skripsi. Proses mengerjakan skripsi bisa jadi proses yang sangat melelahkan dan butuh perjuangan yang tidak mudah. Teruntuk kamu yang sedang dalam proses memulai mengerjakan skripsi, yuk simak tips-tips berikut supaya skripsimu bisa cepat selesai dan kamu pun bisa lulus tepat waktu.

Buat Target Sekaligus Konsekuensinya

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat akan mengerjakan skripsi adalah memasang target bagi diri kamu sendiri sekaligus konsekuensi jika kamu melewati target tersebut. Ini berguna untuk menjaga kedisiplinan dan juga konsistensi dalam menyelesaikan skripsi.

Misalnya, kamu menarget untuk menyelesaikan bab satu selama satu minggu. Nah, apabila kamu melewati dari tenggat waktu tersebut, maka kamu harus memberikan konsekuensi untuk dirimu sendiri misalnya dengan memotong waktu pengerjaanmu di bab dua atau dengan konsekuensi lainnya.

Pilih Tema yang dikuasai

Banyak mahasiswa yang menjadikan skripsi sebagai salah satu mahakarya hasil studi sehingga mencoba untuk memilih tema yang terdengar keren. Sebenarnya, hal tersebut tidak salah, tetapi jika kamu sendiri tidak menguasai tema tersebut, maka lebih baik untuk tidak mengambilnya. Selain akan menyusahkan diri sendiri, waktu pengerjaan skripsi juga pasti akan berjalan sangat lama.

Cari Referensi yang Memadai Sebelum Mengajukan Judul

Saat akan mengajukan judul, cobalah untuk mempersiapkan referensi yang cukup atau memadai dulu. Hal ini untuk menghindari jika saja dosenmu menanyakan mengenai beberapa hal tentang judulmu tersebut. Jika kamu tidak bisa menjawab, tentu dosenmu akan menolak judul tersebut dan menyuruhmu untuk berganti judul lain. Jadi, persiapkan dengan matang terlebih dulu ya.

Jangan Tunda-Tunda Revisi yang diberikan Dosen

Revisi memang menjadi hal yang tidak mengenakkan bagi mahasiswa. Apalagi jika revisi berlangsung berkali-kali. Meskipun begitu, jangan menunda-nunda pengerjaan revisi karena itu juga bisa membuat pengerjaan skripsimu semakin molor dan akhirnya jadi semakin lama selesainya. 

Kerjakan Skripsi di Tempat yang Kondusif

Tingkat kefokusan saat mengerjakan skripsi juga sangat penting. Untuk menghindari distraksi selama pengerjaan skripsi, pilihlah tempat yang nyaman dan benar-benar mendukung. Dengan begitu fokusmu pun tak akan mudah beralih dalam mengerjakan draft skripsi. Jangan lupa juga untuk menyiapkan snack atau asupan makanan ringan supaya kamu tetap semangat dalam mengerjakan skripsi.

Bacalah Draft Skripsimu dari Sudut Pandang Pembaca

Sebelum benar-benar menyerahkan draft ke dosen pembimbing, luangkan waktumu untuk membaca draft skripsi dari sudut pandang pembaca. Jika kamu menempatkan diri sebagai pembaca, kamu akan tahu kira-kira bagian-bagian mana saja yang sebenarnya masih kurang atau perlu diperbaiki. Membaca ulang juga berguna untuk mengetahui kesalahan teknis yang bisa saja terjadi seperti kesalahan tanda baca.

Kurangi Nongkrong dan Main-Main Tidak Jelas

Tips terakhir yang tidak boleh kamu lupakan adalah jangan terlalu sering membuang waktumu untuk urusan yang tidak penting seperti nongkrong dan main tidak jelas. Terlebih lagi jika kamu punya deadline yang cukup ketat dari dosen pembimbingmu. Usahakan untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin supaya target lulusmu juga tercapai tepat waktu.

Nah, itu dia beberapa tips yang perlu kamu coba apalagi buat kamu yang mau mulai mengerjakan skripsi dan tentunya ingin lulus tepat waktu. Selain tips di atas kamu juga dapat membaca hal lainnya tentang skripsi di tambahpinter.com. Selalu jaga semangat dan motivasi dan teman yang suportif, sehingga proses pengerjaan skripsi akan terasa lebih ringan.