Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah: Perlukah Diikuti?

Menentukan pilihan jurusan kuliah merupakan sebuah keputusan yang cukup sulit untuk para calon mahasiswa yang baru akan memasuki masa perkuliahan. Banyak mahasiswa yang telah memasuki masa perkuliahan merasa bahwa dirinya salah memilih jurusan kuliah. Hal tersebut bahkan baru mereka sadari ketika telah ada di pertengahan masa perkuliahan atau saat akhir menjelang lulus. 

Melihat banyak terjadinya fenomena salah jurusan tersebut, mengharuskan kamu yang baru akan masuk kuliah untuk lebih mempertimbangkan pilihan jurusan yang tidak bertolak belakang dengan kemampuan yang kamu miliki. Jangan khawatir, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa melakukan tes minat bakat jurusan kuliah sebagai solusi untuk mengetahui kemampuan yang kamu miliki serta jurusan apa yang cocok bagi kamu. 

Tes ini merupakan sebuah modul psikologi yang telah dirancang untuk melihat kecenderungan psikologis yang dimiliki oleh seseorang. Hal-hal yang diminati, potensi, kelemahan, serta kekuatan diri yang dimiliki seseorang menjadi dasar pertimbangan yang dapat menentukan kecenderungan psikologis bahkan jurusan kuliah yang cocok untuk kamu. 

Meskipun tes yang dilakukan untuk menentukan jurusan kuliah ini diawasi dan diselenggarakan oleh lembaga resmi dan profesional, hasil tes bukanlah suatu hal yang wajib kamu ikuti. Namun, kamu bisa menjadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan jurusan kuliah yang akan kamu pilih dan jalani.

Saat mengerjakan tes minat dan bakat kamu perlu memperhatikan kondisi psikis dan fisik karena sangat memiliki pengaruh terhadap hasil akhir tes. Jika kamu mengerjakan tes dalam kondisi yang kurang baik terutama tidak berkonsentrasi penuh, maka hasil yang akan kamu dapatkan akan berbeda dengan saat kamu dalam kondisi yang baik. Keadaan tersebut dapat menyebabkan adanya perbedaan rekomendasi jurusan dengan kecenderungan psikologis kamu. 

Jika hal itu terjadi, maka kamu akan merasa bahwa hasil tes tersebut tidak dapat dipercaya karena merasa bahwa hasil tes kepribadian dan minat bakat yang telah kamu lakukan berbeda dengan kemampuan dan minat yang kamu miliki. Perlu kamu pastikan saat mengerjakan tes tubuhmu dalam keadaan fit dan fokus. Kamu juga harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada saat tes dengan jujur.

Hasil dari tes minat bakat ini dirasa perlu dilakukan untuk membantu kamu mengetahui lebih jauh tentang apa saja minat dan bakat yang kamu miliki, bagaimana kepribadian dirimu, karena tes diawasi oleh psikolog profesional dan lembaga yang resmi. Hasil tes ini bisa saja akurat atau juga tidak tergantung bagaimana kondisi fisik dan psikismu saat mengerjakan.

Jadi, sebaiknya hasil tes minat dan bakat yang telah kamu ikuti, cukup dijadikan sebagai rekomendasi yang kemudian bisa kamu pertimbangkan kembali. Bukan dijadikan sebagai acuan utama dan dijadikan keharusan untuk memilih jurusan kuliah. Hasil itu jangan ditelan mentah-mentah, ada baiknya rekomendasi dari hasil tes bakat dan minat tersebut didiskusikan kembali bersama dengan orang tua, guru BK atau yang lainnya.

Kamu dapat melakukan tes minat bakat untuk menentukan jurusan kuliah yang cocok untukmu dengan mengikuti tes dari lembaga-lembaga resmi dan profesional. Saat ini cukup banyak lembaga yang menyediakan tes kepribadian minat dan bakat. Sekolah-sekolah pun banyak yang melakukan kerja sama untuk mengadakan tes ini. Tes dari lembaga-lembaga tersebut bisa kamu ikuti dengan berbayar dan ada pula yang menyelenggarakan secara gratis.

Berbicara soal tes minat dan bakat, kamu bisa lakukan melalui aplikasi goKampus.com. Aplikasi tersebut menghadirkan fitur tes minat dan bakat yang dapat membantu kamu menentukan pilihan jurusan kuliah sesuai kemampuan, minat dan bakat yang kamu miliki.