Ingin Beli Mouse? Ketahui Dulu Nih Jenis-Jenis Mouse

Kamu ingin membeli mouse baru? Apakah kamu sudah tau jika jenis-jenis mouse ada banyak? Perlu kamu ketahui nih kalau jenis mouse yang ada di pasaran berbeda-beda loh.

Kamu bisa membeli suatu jenis mouse untuk berbagai macam kegiatan. Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan kebutuhan mouse yang akan kamu beli dengan kebutuhan penggunaan mouse yang kamu perlukan.

Dalam hal ini ada kemungkinan mouse yang sudah kamu beli tidak cocok dengan perangkat PC yang kamu miliki, sehingga kamu perlu nih untuk mengetahui tentang berbagai jenis mouse yang ada di pasaran.

Oke jika kamu merasa bingung dan bertanya-tanya apa saja sih yang jenis -jenis mouse yang ada di pasaran? Yuk simak artikel ini dengan seksama!

1. Mouse Mekanik

Jenis mouse yang pertama adalah mouse mekanik atau yang biasa disebut dengan mouse bola. Sesuai dengan namanya mouse ini berisi bola yang terbuat dari bahan logam atau karet yang terdapat di bagian bawah mouse.

Pada saat bola ini bergulir ke segala arah yang kamu inginkan, hal ini akan menggerakan pointer atau kursor yang ada di dalam monitor. Hal tersebut terjadi karena sensor yang ada di dalam mouse akan mendeteksi gerakan yang terjadi, sehingga dapat menggerakkan pointer.

Bagi kamu yang sudah menggunakan komputer sejak lama, tentu saja pernah menggunakan jenis mouse mekanik ini. Pada dasarnya jenis mouse ini merupakan jenis mouse yang paling tua atau yang paling jadul.

Untuk bisa menggunakan mouse mekanik, kamu harus menggunakan mouse pad. Jika kamu tidak menggunakan mouse pad, kamu akan merasa kesulitan untuk mengendalikan mouse mekanik ini.

2. Mouse Optik

Jenis mouse yang selanjutnya adalah mouse optik yang mempunyai teknologi yang lebih canggih jika dibandingkan dengan mouse mekanik. Jenis mouse ini mempunyai cara kerja yang tidak menggunakan bola di dalamnya.

Sesuai dengan namanya, mouse ini sudah menggunakan LED, sensor optik, dan juga digital signal processing. Semua teknologi tersebut tentu saja akan saling bekerja sama melengkapi satu sama lainnya untuk bisa mendeteksi gerakan mouse di atas permukaan sebuah benda.

Informasi gerakan tersebut selanjutnya akan dikirimkan ke komputer yang terhubung dengan mouse. Jika informasi tersebut sudah berhasil dikirimkan, maka pointer yang ada pada monitor komputer akan bisa digerakkan.

Perlu kamu ketahui bahwa mouse optik ini tidak membutuhkan mouse pad layaknya mouse mekanikal, kecuali jika permukaan benda yang digunakan memang terlalu kasar atau terbuat dari bahan kaca yang licin.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang jenis jenis mouse, kamu bisa nih berkunjung ke website teknologi caritekno.com. Pada saat ini memang cari tekno menjadi salah satu situs teknologi terbaik dan juga terlengkap yang pernah ada.

3. Mouse Nirkabel

Jenis mouse yang terakhir adalah mouse nirkabel atau yang biasa disebut dengan mouse tanpa kabel. Ya, memang jenis mouse ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung ke komputer.

Perlu kamu ketahui bahwa sebagian besar mouse nirkabel yang ada pada saat ini menggunakan teknologi frekuensi radio atau yang bisa disebut dengan RF untuk mengirimkan informasi ke komputer yang kamu miliki.

Sebagai pengganti kabel untuk menghubungkan ke komputer, mouse jenis ini menggunakan transmitter dan juga receiver. Dalam hal ini transmitter di letakkan di dalam mouse, sedangkan receiver akan ditempelkan ke port USB yang ada di komputer.

Transmitter ini mempunyai fungsi untuk mengirimkan sinyal elektromagnetik yang menyediakan informasi tentang gerakan mouse dan juga tombol yang ditekan oleh pengguna.

Sedangkan receiver mempunyai fungsi untuk menerima, menerjemahkan, dan juga meneruskan sinyal yang berasal dari transmitter untuk diteruskan ke komputer.