Darimana Whatsapp Mendapatkan Uang?

Mungkin di Indonesia tidak ada orang yang belum pernah pakai whatsapp kalau orang itu punya Smartphone. Anda dan ratusan juta orang Indonesia lainnya menggunakan whatsapp setiap hari, dengan gratis lagi. Tidak ada iklan, tidak ada iklan yang terselubung, tidak ada games dan stiker yang harus beli. Oleh karena itu kita semua menggunakan whatsapp setiap hari untuk berkomunikasi, termasuk saat berkomunikasi untuk melakukan jual beli entah itu produk jasa ataupun barang.

Pernah tidak terpikir untuk apa facebook sebagai pemilik whatsapp membolehkan orang banyak menggunakan aplikasinya dan tidak perlu membayar, padahal tentu saja whatsapp butuh dapat uang banyak untuk memungkinkan semua hal dalam whatsapp dapat berjalan seperti yang selama ini kita rasakan manfaatnya.

Whatapp hanya butuh data pengguna

Kalau kita tidak membayar untuk menggunakan whatsapp, sebenarnya kita yang menjadi penyumbang bagi kesuksesan whatsapp. Tentu saja kontribusi pengguna whatsapp bukan uang melainkan data, saat install whatsapp dan mau menggunakannya kita harus setuju dulu terhadap beberapa hal, diantaranya yaitu whatsapp boleh menyimpan nomor HP kita dan nomor HP orang-orang yang ada di daftar kontak kita. Nah dengan mempunyai data tersebut whatsapp dapat uang dari menyusun strategi untuk menggunakan data dari orang-orang yang memakai whatsapp. Menurut klaim resmi dari whatsapp, data tersebut digunakan untuk melakukan targeting alias memberi iklan yang lebih sesuai bagi para pengiklan di Facebook dan Instagram. Data yang dimaksud adalah nomor HP, asal negara, dan percakapan yang dilakukan.

Karena fokusnya untuk komunikasi, cocok untuk komunikasi antara orang yang ingin menjual dan orang yang ingin membeli. Orang yang ingin membeli mempunyai keuntungan dengan mendapatkan informasi yang lebih jelas sebelum melakukan pembelian, penjual juga mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan lebih rinci supaya pembeli lebih tertarik lagi secara emosi. Menghasilkan win-win solution bagi penjual dan pembeli.

WA butuh data yang spesifik

Melihat banyak sekali digunakan untuk berjualan, maka hadirlah yang namanya whatsapp business yang diciptakan oleh facebook, kalau di Indonesia tentu saja lebih muda disebut whatsapp bisnis. whatsapp bisnis mempunyai fitur-fitur tambahan yang lebih lengkap dibandingkan whatsapp biasa, fiturnya untuk memudahkan proses melakukan penjualan suatu produk. Mulai dari cara menampilkan produk dengan lebih ringkas dan rapi, bantuan pesan yang otomatis terkirim, sampai dengan singkatan yang mempercepat proses membalas pesan dari calon pembeli.

Whatsapp bisnis akan memperluas lagi pasar dari aplikasi whatsapp dan mempermudah whatsapp dapat uang, yaitu orang yang ingin menggunakan alat untuk mempermudah penjualan bisnis online. Data yang didapat dari pengguna whatsapp bisnis tentu saja akan bermanfaat untuk whatsapp sendiri dan Facebook sebagai pemilik dari aplikasi whatsapp.

Karena whatsapp bisnis berfokus pada dunia jual beli, maka datanya yang didapat oleh Facebook dari whatsapp bisnis benar-benar data yang spesifik dan jelas. Sehingga nantinya bisa digunakan oleh Facebook untuk sebagai penawaran bagi yang ingin mengiklan di Facebook.

Semakin jelas sekarang bagaimana whatsapp dapat uang. Dengan lebih mengetahui pemilik nomor berapa sukanya membeli barang apa, orang yang berjualan dan iklannya ditampilkan di Facebook akan lebih mudah mendapatkan penjualan. Iklan tentang sepatu akan ditampilkan pada orang yang sering chatting menggunakan kata sepatu atau pernah membeli sepatu.

Nah kini sudah semakin jelaskan mengapa whatsapp bisnis dibuat oleh Facebook dan bagaimana Facebook bisa mendapatkan untung dari adanya aplikasi whatsapp dan whatsapp bisnis walaupun keduanya adalah aplikasi yang gratis untuk digunakan.

 

Sumber : https://goodbizid.com